Wednesday, March 15, 2017

Bendungan Gerak Sembayat (BGS) sidomukti bungah gresik

Untuk sobat yang gemar travelling dan selfie-selfie, sobat kalau jalan-jalan ke daerah gresik jangan lupa mampir ke bendungan gerak sembayat (BGS) karena dengan keunikan dan keindahan bangunan bendungan tersebut membuat para pengunjung takjup melihatnya karenan dengan bentuk bendungan yang begitu unik dan indah.
Bendungan ini mulai di bangun sejak tahun 2011 lalu dan baru selesai pada tahun 2016. Bendungan gerak sembayat atau biasa di singkat BGS ini merupakan bagian dari wilayah sungai bengawan solo yaitu tersambung sama bendungan Gerang babat, bendungan bojonegoro, bendungan gerak karangnongko.


Untuk sobat yang ingin berkunjung atau untuk selfie-selfie sobat bisa mengikuti jalan gresik pantura, sampai di pertigaan bungah belok saja ke kiri mengikuti jalan raya dukun, da nada gang masuk yang bertuliskan sidomukti, sobat masuk saja lewat gang itu dan terus saja sobat akan ada dua jalur, sobat pilih saja jalur yang sebelah kiri, dan sobat lurus saja pasti sobat akan menemukan pemandangan yang unik dan indah dari bendungan gerak sembayat tersebut.
Menurut kepala balai besar wilayah sungai bengawan solo, bendungan ini di bangun di atas tanah seluas 80,7 hektar (terdiri atas 70 ha wilayah gresik dan 10 ha masuk kabupaten Lamongan) dan bendungan ini di biayai oleh APBN yang sekitar kurang lebih menghabiskan dana senilai 720 Miliar Rupiah dan membawa manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan, diantaranya daya tampung Long Storagenya bisa untuk keperluan penyediaan air baku sebesar 10 Juta meter kubik, untuk kepentingan irigasi, mencegah banjir luapan dari bengawan solo, menjadi bahan baku produksi air bersih PDAM, dan mencegah instrusi air laut. Bendungan gerak sembayat tersebut memiliki 7 pintu air atau 7 bendungan air yang di kerjakan oleh PT. Waskita Karya (Persero) tbk, PT. Wijaya karya (Persero) tbk, dan PT. Brantas Abipraya (Persero).




Tertarikkan??? Langsung saja sobat kunjungi langsung ke desa sidomukti, dan jangan lupa sobat bawa teman-teman sobat yang gemar selfie-selfie, karena tempat ini sangat indah dan unik apalagi pada saat pagi hari dan sore harinya, tempat ini sangat indah.

No comments:

Post a Comment